Langsung ke konten utama

PRESS CONFERENCE SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ARTS (SIPA) 2023




SURAKARTA, SIPA Community (29/08/2023) – Solo International Performing Arts (SIPA) 2023 telah sukses menyelenggarakan press conference di Balai Kota Surakarta, Selasa (29/08/2023). Hadir sebagai narasumber jumpa pers, yaitu Direktur SIPA, R. Ay. Irawati Kusumorasri, M.Sn., Wirastuti Susilaningtyas sebagai maskot SIPA 2023, dan Shofa Sophiyah Kosasi, perwakilan penampil dari Bandung.


R. Ay. Irawati Kusumorasri, M. Sn. menyampaikan SIPA tahun ini akan menyuguhkan berbagai rangkaian kegiatan selain panggung seni pada hari utama, seperti SIPA Urban Market, SIPA Mart, workshop tari dari delegasi Korea Selatan untuk siswa SMKN 8 Surakarta dan Sanggar Candrakirana Art Center, dan panggung apresiasi siswa "Collaboration Stage" di gedung Padmo Negara SMKN 8 Surakarta yang akan menampilkan pertunjukan seni dari delegasi Medan, Kalimantan Tengah, Riau, Malaysia, dan Singapura.

SIPA Urban Market akan diselenggarakan setiap hari selama tiga hari utama SIPA, yakni mulai pukul 16.00 WIB di area Benteng Vastenburg Solo. Berbagai komunitas di Solo akan menampilkan pertunjukan, di samping adanya bazar seni yang bekerjasama dengan Solo Art Market dan bazar kuliner yang bekerjasama dengan berbagai UMKM dan komunitas.

Selain SIPA Urban Market, pada hari terakhir SIPA 2023 akan diselenggarakan SIPA Mart, yakni pasar seni pertunjukan yang mempertemukan penyelenggara festival seni pertunjukan domestik maupun internasional dengan para seniman di bidang seni pertunjukan.

"Sabtu, 2 September akan diselenggarakan SIPA Mart, pasar seni pertunjukan. Ini menghadirkan buyer dari dalam dan luar negeri dan seller. Seller adalah seniman yang mempunyai karya, terutama yang tampil di SIPA. Mereka kita pertemuan dalam table top di Loji Gandrung jam 12 siang," jelas Irawati.

Shofa Sophiyah Kosasi, perwakilan delegasi dari Bandara menyampaikan bahwa ia akan berkolaborasi dengan Tilik Sarira Creative Process dengan membawakan karya bertajuk How Erectus we are: The First Master Chef yang akan mempertemukan seni teatrikal, project mapping dan animasi. Karyanya merepresentasikan pencarian residu atau sisa-sisa budaya dari homo erectus yang berfokus pada budaya memasak sebagai produktivitas yang membentuk manusia
modern.

"Kita mencoba bagaimana merepresentasikan penelitian ilmiah atau edukasi teman-teman yang diserap tentang kajian prasejarah melalui seni yang sekreatif mungkin dan se-fun mungkin dan bisa dinikmati lintas usia," tambah Shopiyah. Panggung SIPA 2023 akan dibuka oleh Wakil Menteri Kemenparekraf, Angela Tanoesoedibjo, dan Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. Kemudian dilanjutkan penampilan maskot SIPA 2023 dan pesta kembang api, sedangkan untuk seremoni penutup akan dihadiri Puan Maharani dan suguhan penampilan dari Adicipta Paundrakarna Production dengan diiringi pesta kembang api.

SIPA 2023 akan dimeriahkan oleh 14 penampil dari dalam negeri dan 8 penampil dari luar negeri dengan total 291 seniman dan official. Pertunjukan dapat disaksikan secara hybrid dan gratis untuk masyarakat umum dengan datang langsung ke Benteng Vastenburg Solo atau melalui kanal YouTube SIPA Festival mulai pukul 19.00 WIB pada tanggal 31 Agustus hingga 2 September 2023.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Sidang Dewan Kehormatan Kode Etik Mahasiswa Atas Kasus Pinjaman Online

Permata TV - Aliansi Mahasiswa Bersuara kembali menggeruduk rektorat UIN Raden Mas Said Surakarta pada Rabu 9 Agustus 2023. Demo ini bertujuan untuk meminta kepastian dari pihak rektor akibat buntut panjang dari kasus aktivasi akun pinjaman online ( pinjol ) pada mahasiswa baru. Ditemui di depan gedung rektorat, Wakil Rektor 1 Prof Imam Makruf mewakili Rektor Mudhofir membacakan hasil sidang dari Dewan Kehormatan Kode Etik. Dalam hasil sidang tersebut terdapat tiga poin yang dibacakannya yaitu : Kegiatan PBAK diambil alih universitas dan dilaksanakan universitas serta fakultas dibawah konfirmasi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan,Alumni dan Kerjasama. Pihak universitas telah melakukan pertemuan dan konfirmasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas kasus kerjasama antara DEMA dengan Lembaga Pinjaman Online ( Pinjol ) terkait. Organisasi DEMA dinonaktifkan sementara hingga waktu yang tidak ditentukan serta mencopot jabatan Ketua Umum DEMA UIN Ayuk Latifah. Hasil sidang tersebut disambu

Permata TV Sukses Laksanakan Reorganisasi Permata TV 2024

Karanganyar| Permata TV sukses melangsungkan Reorganisasi Permata TV 2024 di Karanganyar pada Sabtu- Minggu, 17- 18 Februari 2024. Acara tersebut bertempat di Balai Desa Tamansari, Kerjo, Karanganyar. Acara yang dilaksanakan secara dua hari tersebut mengusung tema "Unlimited Explor".  Acara diawali dengan pembukaan oleh MC kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua Panitia Reorganisasi, Lutfi Syaifudin dan Direktur Permata TV 2023, Ilham Romadhoni. Rangkaian acara meliputi kontrak forum, Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dan sidang Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART). Dipenghujung acara hari pertama dilaksanakan pemilihan Direktur dan Wakil Direktur Permata TV 2024. Diawali dengan penyampaian visi misi dari masing-masing calon, kemudian dilanjutkan pemilihan secara voting oleh seluruh peserta yang hadir. Pada hari kedua, dilaksanakan penayangan film "Cah Lanang" dan pemutaran perdana film "Pangarepan". Acara di tutup dengan Farewell Party dan

SERAH TERIMA JABATAN REKTOR UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN MAS SAID SURAKARTA 2023

Sukoharjo (27/10/2023)  - UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan Serah Terima Jabatan Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta periode 2021-2023. Prof. Dr. H. Mudofir, S. Ag., M.Pd., kepada Rektor baru periode 2023-2027, Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M. Ag.  Serangkaian acara diisi oleh sambutan Kepala Biro Administrasi Umum UIN Raden Mas Said Surakarta, Drs. H. Muhammad Lutfi Hamid, M.Ag. Pidato yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Mudofir, S. Ag., M. Pd., berisi tentang permohonan maaf atas segala kekurangannya selama beliau menjabat sebagai Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta. Beliau juga mengharapkan supaya Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M. Ag., sebagai Rektor baru untuk membawa UIN Raden Mas Said Surakarta semakin maju melalui segala kinerja yang diwujudkan.  Acara dilanjut dengan Penyerahan Memori Jabatan. Prof. Dr. Toto Suharto, S. Ag., M. Ag., dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Prof. Dr. H. Mudofir, S. Ag., M. Pd., atas dedikasinya yang sudah meraih kemajuan ya