Langsung ke konten utama

PESTA KEMBANG API MERIAHKAN OPENING SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ARTS (SIPA) 2023

 



SURAKARTA, SIPA COMMUNITY (31/08/2023)Seremonial pemukulan kenong dan sajian kembang api menjadi tanda bahwa pergelaran mahakarya seni pertunjukan Solo International Performing Arts (SIPA) 2023 resmi dibuka pada Kamis (31/09/2023) di Benteng Vastenburg Solo. Pemukulan kenong yang diwakili oleh Gibran Rakabuming Raka, Angela Tanoesoedibjo, Irawati Kusumorasri dan sejumlah tokoh lain menjadi simbolis pembukaan acara, dilanjutkan pesta kembang api bersama penonton dan pertunjukan kembang api megah di langit Benteng Vastenburg Solo.

Direktur SIPA 2023, R. Ay. Irawati Kusumorasri, M.Sn., menyampaikan SIPA 2023 mengusung tema Say All with Arts, yang bermakna kesenian semestinya dapat mengambil peran ketika dunia mulai kehilangan keindahan. Keindahan yang dipancarkan seni diharapkan dapat menjadi harmoni kehidupan dunia.

“Ketika kita memikirkan seni, kita sesungguhnya sedang merayakan keindahan dunia,” ungkap Irawati.

“Say All with Arts; Katakan semuanya dengan seni agar keindahan terus mewarnai kehidupan,” tambahnya.

Maskot SIPA 2023, Wirastuti Susilaningtyas, tampil membuka rangkaian pertunjukan dengan balutan busana biru megah bersama Semarak Candrakirana Art Center membawakan karya bertajuk "Symphony Selaras". Tarian yang dibawakan merepresentasikan perwujudan harmoni antara elemen suara, gerak, dan properti dalam visual performatifnya. Fokus utama dalam sajian ini adalah semangat dan keberagaman yang seirama.

Seniman dari Lithuania, AURA Dance Theatre, tak ketinggalan memamerkan teater berjudul "Without The Moon" yang merepresentasikan kesendirian dalam kegelapan. Selain itu, Sumatra Ethnic dari Medan juga turut mempersembahkan karya "Horas Oppung" yang mengisahkan perbedaan karakter dalam kehidupan kost perantau daripada Batak.

Gubang Art Community dari Kutai Kartanegara turut mempersembahkan "Tudung Saji" sebagai simbol pemaknaan tentang bertingkah laku sesuai adab masyarakat juga dipentaskan. Dilanjutkan penampilan dari seniman Malaysia, College of Creative Arts UiTM (CCA) yang menyuguhkan pertunjukan bertajuk "SAPTA", sebuah karya yang terinspirasi oleh pencarian setiap individu akan seseorang, sesuatu, cinta, komunitas, keyakinan yang berlanjut.

Korea Selatan diwakili N-Lions Taekwondo Demonstration Team dari Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) membawakan penampilan Taekwondo berjudul "Spirit of Korea" sebagai penggeloraan semangat Taekwondo ke seluruh dunia dan menyatukan dunia.

Kolaborasi lain datang dari Miray Kawashima dan Yuuka Koyama, delegasi asal Jepang, dengan "Sora No Oto" yang menceritakan dua dimensi berbeda di antara benda angkasa dan dunia yang menyuarakan peristiwa alam sebagai simbol kehidupan universal. Sebagai penutup rangkaian pertunjukan pada hari pertama, tampil Pulung Dance Studio dari Yogyakarta dengan karya "Bang Bintulu" yang menjadi representasi kepercayaan tentang keblat papat, lima pancer yang juga menjadi simbol keseimbangan hidup dalam diri manusia.

Rangkaian kegiatan SIPA 2023 masih tersisa dua hari. Selain dapat disaksikan secara langsung dan gratis di Benteng Vastenburg Solo, panggung SIPA 2023 juga dapat ditonton di kanal YouTube SIPA Festival, Pariwisata Solo, dan Gibran TV.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Sidang Dewan Kehormatan Kode Etik Mahasiswa Atas Kasus Pinjaman Online

Permata TV - Aliansi Mahasiswa Bersuara kembali menggeruduk rektorat UIN Raden Mas Said Surakarta pada Rabu 9 Agustus 2023. Demo ini bertujuan untuk meminta kepastian dari pihak rektor akibat buntut panjang dari kasus aktivasi akun pinjaman online ( pinjol ) pada mahasiswa baru. Ditemui di depan gedung rektorat, Wakil Rektor 1 Prof Imam Makruf mewakili Rektor Mudhofir membacakan hasil sidang dari Dewan Kehormatan Kode Etik. Dalam hasil sidang tersebut terdapat tiga poin yang dibacakannya yaitu : Kegiatan PBAK diambil alih universitas dan dilaksanakan universitas serta fakultas dibawah konfirmasi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan,Alumni dan Kerjasama. Pihak universitas telah melakukan pertemuan dan konfirmasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas kasus kerjasama antara DEMA dengan Lembaga Pinjaman Online ( Pinjol ) terkait. Organisasi DEMA dinonaktifkan sementara hingga waktu yang tidak ditentukan serta mencopot jabatan Ketua Umum DEMA UIN Ayuk Latifah. Hasil sidang tersebut disambu

Permata TV Sukses Laksanakan Reorganisasi Permata TV 2024

Karanganyar| Permata TV sukses melangsungkan Reorganisasi Permata TV 2024 di Karanganyar pada Sabtu- Minggu, 17- 18 Februari 2024. Acara tersebut bertempat di Balai Desa Tamansari, Kerjo, Karanganyar. Acara yang dilaksanakan secara dua hari tersebut mengusung tema "Unlimited Explor".  Acara diawali dengan pembukaan oleh MC kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua Panitia Reorganisasi, Lutfi Syaifudin dan Direktur Permata TV 2023, Ilham Romadhoni. Rangkaian acara meliputi kontrak forum, Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dan sidang Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART). Dipenghujung acara hari pertama dilaksanakan pemilihan Direktur dan Wakil Direktur Permata TV 2024. Diawali dengan penyampaian visi misi dari masing-masing calon, kemudian dilanjutkan pemilihan secara voting oleh seluruh peserta yang hadir. Pada hari kedua, dilaksanakan penayangan film "Cah Lanang" dan pemutaran perdana film "Pangarepan". Acara di tutup dengan Farewell Party dan

SERAH TERIMA JABATAN REKTOR UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN MAS SAID SURAKARTA 2023

Sukoharjo (27/10/2023)  - UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan Serah Terima Jabatan Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta periode 2021-2023. Prof. Dr. H. Mudofir, S. Ag., M.Pd., kepada Rektor baru periode 2023-2027, Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M. Ag.  Serangkaian acara diisi oleh sambutan Kepala Biro Administrasi Umum UIN Raden Mas Said Surakarta, Drs. H. Muhammad Lutfi Hamid, M.Ag. Pidato yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Mudofir, S. Ag., M. Pd., berisi tentang permohonan maaf atas segala kekurangannya selama beliau menjabat sebagai Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta. Beliau juga mengharapkan supaya Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M. Ag., sebagai Rektor baru untuk membawa UIN Raden Mas Said Surakarta semakin maju melalui segala kinerja yang diwujudkan.  Acara dilanjut dengan Penyerahan Memori Jabatan. Prof. Dr. Toto Suharto, S. Ag., M. Ag., dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Prof. Dr. H. Mudofir, S. Ag., M. Pd., atas dedikasinya yang sudah meraih kemajuan ya